Tuesday 15 September 2015

Masuk Halam Pertama Google

Google adalah search engine kini diminati banyak orang,
Menjadi berada di posisi halaman pertama digoogle adalah yang didambakan orang-yang menginginkan web/blog nya dikunjungi banyak orang.

"Bagaimana cara agar blog / website kita bisa tampil di halaman pertama Google ?" pertanyaan seperti itu tentunya sering ditanyakan, khususnya untuk teman-teman yang pertama kali ngeblog atau terjun di dalam dunia blogging.

Sejujurnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mempercepat proses index suatu blog / web agar segera muncul di Google, atau bahkan muncul di halaman pertama google dan menjadi rangking 1 di halaman pertama google.

Cara yang  dimaksud tersebut dinamakan sebagai SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia bisa kita artikan sebagai sebuah teknik untuk mengoptimalkan suatu blog / website di 'mata' mesin pencari (google, bing, yahoo, dll).
  


Search Engine seperti Google, Yahoo!, Bing, Cuil, dll, merupakan tempat dimana kita melakukan pencarian data atau informasi berupa kata kunci tertentu. Tahukah Anda bagaimana cara kerja search engine, sampai dapat menemukan hasil pencarian dalam waktu singkat dan dengan hasil pencarian yang sangat banyak? mari kita tuntas habis mengenai Google ini :D
Sebuah search engine memiliki komponen yang disebut sebagai spider (laba-laba) atau sering disebut juga dengan crawler. Elemen spider tersebut melakukan kunjungan atau mengakses ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situs tersebut. Biasanya search engine melakukan kunjungan tersebut secara periodik untuk melihat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi.
Program yang dikenal sebagai crawler, spider atau robot yang digunakan Google sebagai petugas penjelajah dunia internet tersebut dinamakan Cusco, Scooter dan Deephot. Ketiga program Google tersebut menilai sebuah situs dengan berbagai cara. Pertama-tama mencari info utama dari sebuah tittle-tag, HTML tag, serta meta tag. Selain itu, juga menelusuri teks yang ada pada situs beserta link-nya. Tidak ketinggalan pula untuk memeriksa file robot.txt yang memuat informasi mana saja yang boleh diteruskan dan yang tidak. Dari hal ini maka aka ada direktori tertentu yang diabaikan pendataannya. Terutama pada file-file yang berisi informasi sensitif.
Tiap-tiap elemen yang ditemui oleh sang laba-laba (spider) akan direkam (record) dalam sebuah index. Mirip sebuah buku raksasa yang berisikan copy dari situs yang telah ditemukan. Apabila ditemukan perubahan pada situs, secara otomatis pula spider melakukan update.
Google melakukan proses pengindeksan tersebut secara otomatis dan teratur. Pada saat itu pula Google mendata halaman baru, membuang link yang mati, dan memperbarui link tersebut.
Terkadang diperlukan proses penulisan halaman baru dari yang ditemukan spider. Jadi, akan ada kemungkinan bahwa informasi terbaru dalam situs internet tersebut tidak masuk dalam katalog index.
Selanjutnya, aplikasi search engine yang bertugas memilah ribuan data yang terdapat dalam katalog. Serta mencocokkannya sesuai dengan permintaan si pencari. Barulah kemudian menampilkannya berupa daftar sesuai dengan urutan (ranking). aplikasi yang digunkan Google untuk membuat ranking tersebut dikenal dengan sebutan PageRank.
Sebelum sebuah search engine menampilkan hasil pencariannya, search engine tersebut haruslah terlebih dahulu menemukan dokumen yang dicari. Andaikata search engine tidak memberikan informasi yang kita cari, itu bukan berarti informasi tersebut tidak tersedia di internet. Bisa jadi informasi yang kita cari tersebut belum ditemukan oleh search engine.
Sewaktu mencari informasi menggunakan Google, Google akan mengabaikan beberapa kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, be, by, from, how, i, in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, dan with.
Untuk mengetahui bagaimana sebuah search engine bekerja, Anda dapat membuka situs www.spider-simulator.com. Dalam situs tersebut ditunjukkan bagaimana sebuah search engine memperoleh informasi dalam situs Anda. Program ini disebut spider simulator. untuk mencobanya, Anda hanya perlu memasukkan alamat situs.

No comments:

Post a Comment